Monday, 14 November 2011

Sea Games 2011

Indonesia akhirnya lolos ke semifinal cabang sepak bola SEA Games XXVI, setelah dalam pertandingan penyisihan Grup A Minggu (13/11) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta menhempaskan Gajah Putih Thailand 3-1.

Gol kemenangan skuad muda Garuda Merah Putih dicetak oleh Titus Bonai, Patrich Wanggai dan Ferdinan Sinaga. Sementara itu satu gol tim tamu dicetak oleh Ronnachai Rangsiyo, melalui titik putih penalti.

Thailand sendiri pada pertandingan ini harus kehilangan dua pemainnya akibat melanggar Andik Vermansyah masing - masing pada babak pertama dan kedua. Timpang akibat tidak seimbangnya jumlah pemain, Indonesia berhasil mendominasi jalannya pertandingan.

Sayangnya beberapa peluang emas yang didapat tim besutan Rahmad Darmawan ini gagal menambah perbendaharaan gol Indonesia. Dengan hasil ini Indonesia memastikan satu tiket ke babak semifinal dengan poin sembilan dari tiga pertandingan.

Namun untuk menentukan siapa berhak dengan status juara grup, Indonesia masih harus menghadapi Malaysia di pertandingan terakhir Grup A pada Selasa (15/11).

Tiga kemenangan beruntun menjadi modal berharga bagi Timnas untuk terus bermain lepas dan meraih kemenangan demi kemenangan dan mengangkat piala dihadapan pendukung sendiri. Ayo Indonesia Bisa…!!!

Titus Bonai Jadi Duta Baru League



Di antara pemain muda Indonesia yang mencuat dalam setahun terakhir, Titus Bonai merupakan salah satunya. Striker yang baru berusia 21 tahun ini beberapa waktu lalu sukses membawa timnya Persipura, menjadi kampiun Indonesia Super League (ISL). Pencapaian yang lantas membawanya menjadi anggota timnas Indonesia di SEA Games 2011.

Meroketnya nama pemain yang akrab disapa Tibo ini mengundang ketetertarikan produsen apparel untuk menjadikannya sebagai ikon. League adalah salah satunya. Pada Jumat (4/11), di League Store Senayan City, Jakarta, apparel asal Indonesia ini secara resmi mengumumkan kerja samanya dengan pemain kelahiran Jayapura tersebut.

“Kami sangat senang dengan adanya kerjasama ini. Kita tahu Tibo merupakan salah satu pemain muda berbakat yang dimiliki Indonesia saat ini. Ini membuat kami sebagai produsen apparel dalam negeri merasa bangga,” ujar Hartono Wijaya, Chief Operating Officer Berca Sportindo yang membawahi League.

Pada ajang SEA Games nanti, Tibo akan mengenakan produk sepatu terbaru yang dikeluarkan oleh League yakni Matrix Garuda Series. Sepatu ini merupakan salah satu produk andalan League yang dikeluarkan menyambut perhelatan akbar Asia Tenggara itu.

Dengan sepatu ini, Tibo berharap bisa menampilkan performa apik di SEA Games. Apalagi sepatu tersebut memiliki beberapa keunggulan yang bisa menunjang performanya. Selain terbuat dari material yang ringan dan nyaman, sepatu ini mengandung teknologi yang disesuaikan dengan kondisi lapangan di Indonesia.

“Saat pertama kali mencoba, aku langsung cocok. Sepatu ini sangat nyaman dan digunakan. Sejauh ini, aku sudah menciptakan empat gol (selama uji coba timnas U-23) dengan sepatu ini,” bilang Tibo.
(Adit/Dunia Soccer)

Friday, 23 April 2010

DAFTAR BEBERAPA SINGKATAN

 AAL Above Aerodrome Level
ABN Abnormal
ACARS ARINC Communications and Reporting System
ACM  Air Cycle Machine
ACP Audio Control Panel
ACT Additional Center Tank
A/C Aircraft
AGL Above Ground Level
AH Alert Height
AIP Aeronautical Information Publication
ALS Approach Landing System
ALT Altitude
ALTN Alternate
AMSL Above Mean Sea Level
AOM Aerodrome Operating Minima / Aeroplane Operating Matters/Manual
A/P Auto-Pilot
APU Auxiliary Power Unit
ASAP As Soon As Possible
ASR Air Safety Report
APCH Approach
ATA Actual Time of Arrival
ATC Air Traffic Control
ATD Actual Time of Departure
AWO All Weather Operations
AWY Airway
BC Back Course
BCM Back Course Marker
BCN Beacon
BDRY Boundary
BKN Broken
BLDG Building
CAT Clear Air Turbulence
CAT 1 Landing Category 1 (2 or 3)
CAT 2 Category 2 All Weather Operations
CAT 3 Category 3 All Weather Operations
CAVOK Ceiling and Visibility OK
C/B Circuit Breaker
CL Centerline Lights
COM Communications Equipment
CRM Crew resource Management
CRZ Cruise
D Day
DA Decision altitude
DEST Destination
Dev Deviation
DH Decision Height
DIST Distance
DME Distance Measuring Equipment
DOW & I Dry Operating Weight and Index
E East
EDP Electronic Data Processing
ELEV Elevation
EMER Emergency
ETA Estimated Time of Arrival
ETD Estimated Time of Departure
ETOPS Extended Twin Operations
ETP Equi Time Point
EXP Exit Point (ETOPS)
F Fahrenheit
FIR Flight Information Region
FIS Flight Information Services
FL Flight Level
FLT Flight
FMS Flight Management System
ft Feet
GA Go-around
GMT Greenwich Mean Time
GND Ground
G/S Glide Slope
GS Ground Speed
H Hour
H24 24 Hour Service
HF High Frequency (3 to 30 MHz)
HI High / High Intensity Light
Hg Mercury
hPa hecto Pascal
Hrs Hours
Hz Hertz (cycles per second)
IAL Instrument Approach and Landing Chart
IAS Indicated Air Speed
IATA International Air Transport Association
ICAO International Civil Aviation Organisation
IFPS Integrated Flight Planning System
IFR Instrument Flight Rules
ILS Instrument Landing System
IMC Instrumental Meteorological Conditions
in inch(es)
ISA International Standard Atmosphere
ISO International Standard Organisation
KCAS Knots Calibrated Airspeed
kg kilogram
kHz kilohertz
km kilometer
kts knots
L Light / Left
LCTR Locator (Compass)
LD Landing Distance
LDA Landing Distance Available
LDG Landing
LLZ Localizer
LMC Last Minute Changes
LMT Local Mean Time
LPC Less Paper Cockpit
LOC Localizer
LVP Low Visibility Procedures
m meter
MAP Missed Approach Point
MAX Maximum
mb Millibar
MDA/H Minimum Descent Altitude / Height
MHz Megahertz
MID Middle Runway Portion
MLW Maximum Landing Weight
mm Millimeter
MNPS Minimum Navigation Performance Specification
MOCA Minimum Obstruction Clearance Altitude
MORA Minimum Off-Route Altitude
MSA Minimum Safe (or Sector) Altitude
MSL Mean Sea Level
MTOW Maximum Take Off Weight
MZFW Maximum Zero Fuel Weight
N North
NA Not Applicable
NAV Navigation
NE Northeast
NM Nautical Miles
NDB Non Directional Beacon
NOTAM Notice To Airmen
NW Northwest
OAT Outside Air Temperature
OCA (H) Obstacle Clearance Altitude (Height)
OEW Operating Empty Weight
OM Operations Manual / Outer Marker
OPS Operations
PAN-OPS Procedures for Air Navigation Services - Aircraft Operations
PAPI Precision Approach Path Indicator
PAR Precision Approach Radar
PCN Pavement Classification Number
PERF Performance
PFD Primary Flight Display
PPR Prior Permission Required
QDM Magnetic Bearing to facility
QDR Magnetic Bearing from facility
QFE Actual atmosphere pressure at airport elevation
QFU Magnetic Orientation of Runway
QNE Sea level standard atmosphere (1013 hPa or 29.92’’ Hg)
QNH Actual atmosphere pressure at sea level based on local station pressure
RA Radio Altitude / Radio Altimeter / Resolution Advisories
REF Reference
RFF Rescue Fire Fighting
RH Right Hand
RPL Repetitive Flight Plan
RNP Required Navigation Performance
ROR Record of Revision
RPL Repetitive flight plan
RTO Rejected Take Off
RTOW Regulated Take Off Weight
RVR Runway Visual Range
RVSM Reduced Vertical separation Minima
RWY Runway
S South
SAR Search and Rescue
SE Southwest
SID Standard Instrument Departure
SIGMET Information concerning en-route weather phenomena, which may affect the safety of aircraft operations
SNOWTAM Snow Notice to Airmen
SPD Speed
SRA Surveillance Radar Approach
SRE Surveillance Radar Element of Precision Approach Radar System
STAR Standard Terminal Arrival Route
STD Standard
SW Southwest
TA Traffic Advisories
TAF Terminal Aerodrome Forecast
TAS True Air Speed
TAT Total Air Temperature
TBC To Be Confirmed
TBD To Be Determined
TBN To Be Notified
TCAS Traffic Collision Alert System (Traffic Collision and Avoidance System)
TDZ Touch down Zone
TEMP Temperature
TEMPO Temporary
T/O Take-Off
TOC Top Of Climb
TOD Top Of Descent
TODA Take-Off Distance Available
TOGA Take-Off / Go-Around
TOGW Take-Off Gross Weight
TORA Take-Off Run Available
TOW Take-Off Weight
TWR Tower
TWY Taxiway
UHF Ultra High Frequency (300-3000 mHz)
U/S Unserviceable
UTC Co-ordinated Universal Time,sama dengan GMT
VASI Visual Approach Slope Indicator
VFE Maximum Speed Flaps / Slats Extended
VFR Visual Flight Rules
VFTO Speed Final T/O
VHF Very High Frequency (30-300 MHz)
VIS Visibility
VMC Visual Meteorological Conditions
VOR VHF Omni-directional Range
V/S Vertical Speed
W West
WPT Way-point
WX Weather
WXR Weather Radar
Z Zulu Time (UTC/GMT)
ZFCG Zero Fuel Centre of Gravity
ZFW Zero Fuel Weight