Thursday, 3 January 2013

Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi


1. GUNUNG RINJANI, NTB
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Ngliat foto-fotonya bikin mupeng setengah mampus, tapi sayang untuk kesana harus membutuhkan minimal 1 minggu dan untuk itu harus cuti #nohope.
2. GUNUNG BROMO, JATIM
Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung bromo mungkin tempat wisata yang sering saya datangi, sudah 4x saya kesana, tapi masih mau kesana lagi hehe..
3. CARSTENSZ PYRAMID, PAPUA
Carstensz Pyramid
Carstensz Pyramid
Gile, ditempat inilah satu-satunya tempat kita dapat menemukan Gletser di Indonesia. Tempat ini juga merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Kalau ke Rinjani saja nohope apalagi kesini ya? haha. tapi who knows? :)
4. BALURAN, JATIM
Baluran
Baluran
Kalau dilihat dari foto, Baluran ini adalah Afrikanya Indonesia (Africa van Java). Terletak di kota Situbondo Jatim. Tempat ini harus masuk dalam buku catatan saya sebagai tempat yang harus dikunjungi segera.
5. KAWAH IJEN, JATIM
Kawah Ijen
Kawah Ijen
Luar biasa ya, ternyata Jatim banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Kemana aja saya selama ini?? Kawah Ijen ini terletak di Bondowoso *catet juga*.
6. GUNUNG KELIMUTU, NTT
Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu ini terkenal dengan Danau 3 warna-nya karena danau tersebut memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.Keren ya!?
7. DANAU SENTANI, PAPUA
Danau Sentani
Danau Sentani
wuih, begitu lihat fotonya kok tiba-tiba ngences ya.. err.. sayangnya jauh banget!
8. DANAU TOBA, SUMUT
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba juga tempat wisata yang sudah berulang-ulang saya datangi. Dulu sewaktu masih tinggal di Lhokseumawe, Danau vulkanik terbesar di dunia ini adalah salah satu tujuan wisata keluarga kami. Terkenal dengan Pulau Samosir (Tomok) yangg terletak di tengah-tengah pulau dan ada batu gantung yang berbentuk wajah manusia, yang konon katanya itu adalah seorang anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu.
9. DANAU GUNUNG TUJUH, JAMBI
Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh? saya baru mendengarnya kali ini. kalau dilihat dari foto-fotonya di tengah Danau ini ada Gunung, hmm ternyata Gunung Kerinci.
10. PEGUNUNGAN KARST BANTIMURUNG, SULSEL
Pegunungan Karst Bantimurung
Pegunungan Karst Bantimurung
Karst Bantimurung, masih segar diingatan saya, karena baru saja kesana beberapa bulan yang lalu, yaitu tanggal 21 Januari 2012 yang lalu bersama teman saya Firman. Tempat ini begitu segar, indah dengan pemandangan barisan bukit-bukit, serasa lagi di luar negeri *kaya pernah keluar negeri aja* haha!
11. KEPULAUAN RAJA AMPAT, PAPUA BARAT
Raja Ampat
Raja Ampat
Ni tempat lagi hot-hotnya saat ini, kalau dilihat-lihat mirip Halong Bay di Vietnam ya.. Tapi setelah diteliti dan dianalisa *ehm* lebih murah ke Halong bay Vietnam daripada ke Raja Ampat. Tanya kenapa?
12. PULAU BELITUNG, BABEL
Pulau Belitung
Pulau Belitung
Pulau Belitung ini juga tempat yang sudah pernah saya kunjungi tanggal 22-23 Oktober 2011 yang lalu. Menjadi terkenal karena tempat lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Tempat yang wajib dikunjungi disini adalah Pantai Tanjung Tinggi dengan batu-batu granit besar-nya, Pulau Lengkuas dengan menara mercusuar-nya dan Manggar dengan sekolah SD Muhammadiyah-nya.
13. BUNAKEN, SULUT
Bunaken
Bunaken
Bunaken ini terkenal dengan taman bawah lautnya yang indah. bagus buat diving dan snorkeling! sayang sekali waktu ke Manado dulu tidak sempat ke Bunaken T_T
14. PANTAI UJUNG GENTENG, JABAR
Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng
kalau ngeliat foto-fotonya temen-temen saya yang pernah ke ujung genteng, bagus juga ya! terletak di sukabumi jawa barat memerlukan waktu sekitar kurang lebih 7 jam dari Jakarta. Hmm, boleh nih kapan-kapan dicoba.
15. PANTAI DREAMLAND, BALI
Pantai Dreamland
Pantai Dreamland
2x kesini, tapi menurut saya biasa aja. masih banyak pantai-pantai lainnya di Indonesia yang lebih indah daripada Dreamland, antara lain Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta-nya Lombok.
16. PULAU DERAWAN, KALTIM
Pulau Derawan
Pulau Derawan
Derawan ini salah satu wishlist saya tahun 2012 ini, semoga bisa terwujud, aamiin ya rabb.
17. PULAU KOMODO, NTT
Pulau Komodo
Pulau Komodo
Penasaran saya dengan Pulau Komodo, karena pulau ini termasuk salah satu nominasi the new 7 wonders of the world. Namanya Nusa Tenggara pasti menyimpan keeksotisan alamnya..
18. GUNUNG ANAK KRAKATAU, SELAT SUNDA
Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau
Kalo bisa dibilang tempat ini tempat yang paling sering ga jadi saya datengi, udah mau berangkat terhalang disana-sini. Semoga ada kesempatan buat kesana. Penasaran cuy! :D
19. GOA GONG, JATIM
Goa Gong
Goa Gong
Lagi-lagi Jatim! Goa Gong terdapat di Pacitan, dan diklaim sebagai Goa terindah di Asia Tenggara!!!!! *catet*
20. GREEN CANYON, JABAR
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon salah satu tempat yang juga sudah pernah saya kunjungi bersama teman saya reza dan defi. Terletak di daerah Pangandaran dan ditempuh selama 9 jam dari Jakarta tidak membuat lelah setelah sampai di lokasi. Memang salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Selain Green canyon terdapat tempat wisata lain di sekitar daerah tersebut yang harus dikunjungi, yaitu Citumang

Airport Tax dalam Tiket Belum Berlaku bagi Penumpang Non-Garuda



"Masyarakat yang menggunakan penerbangan selain Garuda Indonesia, penarikan PSC masih dilakukan secara manual melalui loket seperti biasa," jelas Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Trisno Heryadi, dalam siaran persnya di Jakarta, Senin.

Trisno mengungkapkan, pelaksanaan PSC on ticket bagi penumpang Garuda Indonesia berjalan baik, belum ditemukan adanya masalah atau komplain dari pengguna jasa penerbangan di bandara-bandara baik yang dikelola PT Angkasa Pura II dan PT Angkasa Pura I.

"Pemantauan di bandara-bandara, sejauh ini, pelaksanaan berjalan baik. Penumpang domestik penerbangan Garuda Indonesia yang sudah membayar PSC bersamaan dengan pembayaran ongkos perjalanan (air fare) dalam ticketnya tidak perlu antri membayar PSC di bandara," imbuhnya.

Bagi penumpang Garuda yang membeli tiket sebelum 4 Oktober 2012, kata Trisno, penaikan biaya PSC tetap dilakukan secara manual melalui konter check-in Garuda Indonesia. Pengecualian ini juga berlaku bagi penumpang penerbangan domestik Garuda Indonesia yang menggunakan tiket dengan fasilitas interline, yakni tiket airlines lain yang bermitra dengan Garuda Indonesia yang belum membayar PSC saat tiketnya diterbitkan.

Abaikan

Terkait beredarnya pesan singkat (SMS) maupun BlackBerry Broadcast Message (BBM) yang menginformasikan bahwa PSC on ticket berlaku untuk seluruh penebangan, Trisno mengimbau masyarakat untuk mengabaikannya.

"Itu informasi gelap yang disebarkan pihak tak bertanggung jawab untuk membuat resah pengguna jasa. Ketentuan PSC on ticket yang sudah berjalan saat ini masih terbatas untuk penerbangan domestik Garuda Indonesia. Untuk maskapai penerbangan lain, belum berlaku," tegasnya. (try)
Sumber :Harian Analisa

Cara Menghilangkan tombol Tang dan Obeng di Blog


Tombol tang dan obeng yang muncul di halaman blog saat kita sedang dalam keadaan login berfungsi untuk melakukan edit pada bagian tertentu secara cepat. Fungsi ini memang penting bagi kita yang sering melakukan editing dan ingin melakukannya dengan cepat. Karena dengan hanya mengklik ikon tombol tang dan obeng tersebut kita akan langsung diarahkan menuju ke bagian elemen laman yang dituju untuk diedit atau dimodifikasi.


Meskipun demikian, ada juga blogger di antara kita yang tidak suka dan merasa kurang nyaman dengan tampilan tang dan obeng ini. Jika kita termasuk dalam salah satu blogger yang tidak begitu suka dengan tampilan tang dan obeng saat kita berada dalam keadaan login, kita dapat menghilangkannya dari tampilan blog milik kita. Caranya cukup mudah karena kita hanya perlu menambahkan kode yang fungsinya untuk menghilangkan tampilan tang dan obeng tersebut.

Adapun cara untuk menghilangkan tang dan obeng di blog ini antara lain sebagai berikut:

Masuk/Login ke akun blogger.

Klik rancangan.

Klik edit HTML.

Klik expand template widget.

Cari kode berikut.

]]></b:skin>

Masukan kode berikut tepat di atasnya ]]></b:skin>
.quickedit{
display:none;
}

Klik simpan template dan selesai.


Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba ^_^

Cara Mendaftar Google Adsense dengan email baru

Cara daftar adsense pakai email baru, daftar adsense langsung dari blogger di menu monetize (sekarang earnings) pada blogger! kata temanku, dia bilang kalau kamu mau daftar google adsense pakai email baru yang langsung di blog ya lewat monetize. Tapi dia tidak menyebutkan caranya, itu yang bikin bingung. Setau saya daftar adsense ya langsung ke goolge adsensenya, tapi begitu masukin nama blog ketika daftar, katanya suruh langsung dari blogger. Jadi tambah bingung dah, untungnya setelah lama mencari dan mencoba akhirnya ketemu juga dah caranya. Dan kali ini saya kan bagi bagaimana caranya agar daftar adsense pakai email baru lewat blogger.
Daftar Adsense Pakai Email Baru
Syarat utama, ya harus punya email baru. Caranya, ya cari sendiri ya, masa di kasih tau terus, ntar ga cerdas cerdas dah (*hehehehe). Kenapa harus email baru? katanya si kalau email sekali sudah pernah di pake dan di tolak, tidak bisa daftar lagi. Itu yang saya rasakan, tapi ada juga yang bisa me-resubmit. Aku sendiri juga bingung ko bisa ya ada yang me-resubmit, padahal aku sudah berkali kali mencoba ga bisa dan begitulah adsense, selalu membingungkan. Ya sudah, sekarang kita fokus ke bagaimana mendaftar google adsense pakai email baru lewat menu blogger,

Daftar Adsense Pakai Email Baru, daftar adsense langsung dari blogger

Setelah kalian punya email baru (harus gmail ya), lalu buka blogger dan ikuti langkah berikut:
1. Masuk blogger >> setting >> basic,
2. Pilih Permissions ,
3. Pilih add authors,
4. Trus kamu masukin email kamu yang baru.
5. Invite dah

Setelah kamu invite, kamu lalu buka email yang baru, di sana akan di kasih link bahwa kamu di panggil untuk memberikan kontribusi di blog bla bla bla. Kamu menuju link tersebut (biasanya suruh ngisi beberapa settingan), seperti kaya membuat blog, ikuti saja perintahnya. Setelah kamu berhasil masuk ke blog kamu (dengan emai baru), kamu kembali lagi ke blog dengan email lama, soalnya masih ada yang harus di setting.

Daftar Adsense Pakai Email Baru, daftar adsense di blogger

Masuk ke seperti langkah awal. Ke Setting >> Basic >> Permissions, dan biasnya email kamu yang baru sudah ada sebagai author, tinggal kamu naikan pangkatnya menjadi admin dah. Setelah berhasil, tinggal kamu daftar lewat email yang baru tadi ke google adsense. Jadi buka blog kamu, lewat email yang baru dan kamu masuk ke menu montenize dan lakukan langkah pendaftaran adsense seperti biasanya.
Kalau kamu nanya tipsnya bagaimana supaya di terima, jangan tanya saya. Saya belum pengalaman mengenai hal ini. Cuma point penting yang kamu harus perhatikan adalah cara membuat email yang baru, yaitu kalau ada pilihan email recovery, jangan kamu isi dengan email kamu lainya yang pernah kamu daftarkan, biarkan saja kosong. Kalau kamu isi email recovery itu, biasanya akan di trace dan karena email itu pernah di tolak biasanya aplikasi kamu pun akan di tolak, jadi kosongakan saja.
Satu hal yang perlu saya share, ada yang bilang google adsense itu sperti cewe, bisa luluh. Kadang ia suka menolak ga jelas, tapi kalau kamu berusaha terus menerus akhirnya luluh juga. Dan itu rahasia yang paling penting, teruslah mencoba. Kalau caranya banyak bertebaran di internet tentang google adsense, kamu tinggal cari saja, soalnya satu cara belum tentu cocok untuk setiap orang. Kadang saya menemukan cara yang katanya banyak orang yang sudah berhasil, tapi saya coba ga berhasil juga, jadi ya beda beda keberuntungan setiap orang. Yang jelas jangan pernah menyerah aja, itu aja rahasianya.

Google adsense memang masih jadi primadona, makanya dalam panduan milihan iklan di blog yang pernah saya bahas, adsense menjadi salah satu ulasan. Ok gitu aja caranya, simpel dan sederhana kan. Kalau ada pertanyaan, silahkan di tanya di bawah. Semoga bisa membantu daftar google adsens pakai email baru

Friday, 28 December 2012

Beberapa Kesalahan Ibadah di Hari Jum'at

Hari Jum'at adalah hari yang paling mulia dan paling agung. Sebaik-baik hari yang disinari matahari. Allah telah memerintahkan seluruh manusia untuk mengagungkannya, namun umat-umat sebelum kita meninggalkannya dan memilih hari selainnya. Kemudian Allah mendatangkan kita dan menunjuki kita perihal hari tersebut. Maka dengan hari tersebut, Allah mengistimewakan umat ini. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,
نَحْنُ الْآخِرُونَ الْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَنَحْنُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا وَأُوتِينَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ فَاخْتَلَفُوا فَهَدَانَا اللَّهُ لِمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ مِنْ الْحَقِّ فَهَذَا يَوْمُهُمْ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ هَدَانَا اللَّهُ لَهُ قَالَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فَالْيَوْمَ لَنَا وَغَدًا لِلْيَهُودِ وَبَعْدَ غَدٍ لِلنَّصَارَى
"Kita adalah umat terakhir yang paling awal pada hari kiamat. Kita adalah orang yang pertama kali masuk surga. Hanya saja, mereka diberi al Kitab sebelum kita, sedangkan kita diberi sesudah mereka. Tapi mereka berselisih pendapat (tentang suatu hari). Lalu Allah menunjukkan kebenaran kepada kita mengenai apa yang mereka perselisihkan tersebut. Inilah hari yang mereka perselisihkan itu, dan Allah menunjukkan hari tersebut kepada kita –beliau menyebutkan hari Jum'at-, maka hari ini (Jum'at) adalah hari kita, besok (Sabtu) harinya orang-orang Yahudi, dan lusa (Ahad) adalah harinya orang-orang Nashrani." (Muttafaq 'alaih, lafadz milik Muslim)
Hadits di atas dikuatkan dengan hadits dari Hudzaifah radliyallah 'anhu,
أَضَلَّ اللَّهُ عَنْ الْجُمُعَةِ مَنْ كَانَ قَبْلَنَا فَكَانَ لِلْيَهُودِ يَوْمُ السَّبْتِ وَكَانَ لِلنَّصَارَى يَوْمُ الْأَحَدِ فَجَاءَ اللَّهُ بِنَا فَهَدَانَا اللَّهُ لِيَوْمِ الْجُمُعَةِ فَجَعَلَ الْجُمُعَةَ وَالسَّبْتَ وَالْأَحَدَ وَكَذَلِكَ هُمْ تَبَعٌ لَنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ نَحْنُ الْآخِرُونَ مِنْ أَهْلِ الدُّنْيَا وَالْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمَقْضِيُّ لَهُمْ قَبْلَ الْخَلَائِقِ
"Allah telah menyesatkan orang-orang sebelum kita perihal hari Jum'at. Bagi orang-orang Yahudi hari Sabtu dan bagi orang-orang Nashrani hari Ahad. Lalu Allah mendatangkan kita dan memberi kita hidayah tentang hari Jum'at. Dan menjadikan (secara berurutan); hari Jum;at, Sabtu, dan Ahad. Mereka mengikuti kita pada hari kiamat. Kita adalah umat terakhir dari penduduk dunia, tetapi orang pertama yang diadili sebelum semua makhluk." (HR. Muslim)
Namun, kita saksikan banyak umat Islam kurang memahami kemuliaan hari Jum'at. Tidak menjaga amal-amal ibadah yang dikhususkan di dalamnya, sehingga banyak pahala dan dan kebaikan yang luput dari mereka, di antaranya akan kami sebutkan tiga saja:
1.  Terlambat datang menghadiri shalat Jum'at sehingga khatib naik mimbar.
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ
"Barangsiapa mandi di hari Jum'at seperti mandi janabah, kemudian datang di waktu yang pertama, ia seperti berkurban seekor unta. Barangsiapa yang datang di waktu yang kedua, maka ia seperti berkurban seekor sapi. Barangsiapa yang datang di waktu yang ketiga, ia seperti berkurban seekor kambing gibas. Barangsiapa yang datang di waktu yang keempat, ia seperti berkurban seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang di waktu yang kelima, maka ia seperti berkurban sebutir telur. Apabila imam telah keluar (dan memulai khutbah), malaikat hadir dan ikut mendengarkan dzikir (khutbah)." (HR. Muslim nomor 850).
Yakni, para malaikat menutup buku catatan mereka dan tidak mencatat tambahan pahala bagi orang-orang yang datang dan masuk ke masjid setelah imam naik mimbar.
Para malaikat menutup buku catatan mereka dan tidak mencatat tambahan pahala bagi orang-orang yang datang dan masuk ke masjid setelah imam naik mimbar.
Imam meriwayatkan, dan dihasankan oleh Syaikh al Albani, dari Abu Ghalib, dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Para Malaikat duduk pada hari Jum'at di depan pintu masjid dengan membawa buku catatan untuk mencatat (orang-orang yang masuk masjid). Jika imam keluar (dari rumahnya untuk shalat Jum'at), maka buku catatan itu dilipat."
Kemudian Abu Ghalib bertanya, "wahai Abu Umamah, bukankah orang yang datang sesudah imam keluar mendapat Jum'at? Ia menjawab, "tentu, tetapi ia tidak termsuk golongan yang dicatat dalam buku catatan."
2.  Tidak mandi pada hari Jum'at
Kita saksikan sebagian orang meningalkan ibadah ini. Boleh jadi karena ketidaktahuan atau memandangnya bukan sebagai sesuatu yang wajib sehingga kurang mendapat perhatian. Padahal Islam menginginkan kaum muslimin berkumpul pada hari Jum'at dalam pertemuan perpekan dalam keadaan yang paling sempurna, rupa paling menawan, dan aroma paling harum sehingga sebagian dari mereka tidak tergangu oleh yang lainnya dan juga para malaikat tidak terganggu dengan mereka.
Dalam Shahihain, dari Abu Said al Khudri radliyallah 'anhu mengatakan, Aku menyaksikan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ وَأَنْ يَسْتَنَّ وَأَنْ يَمَسَّ طِيبًا إِنْ وَجَدَ
"Mandi para hari Jum'at adalah wajib atas orang yang sudah baligh, dan hendaknya dia bersiwak dan memakai parfum jika ada." (HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam Shahih al Bukhari, dari Salman al Farisi mengatakan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
لَا يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيبِ بَيْتِهِ ثُمَّ يَخْرُجُ فَلَا يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ الْإِمَامُ إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى
"Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum'at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum'at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum'at ini dengan Jum'at lainnya." (HR Bukhari)
3.  Tidak membaca shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
Sebagian orang kurang memperhatikan ibadah shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada hari Jum'at, padahal keutamaannya sangat banyak dan pahalanya sangat besar.  Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ
"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum'at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku…." (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dari hadits Aus bin Aus)
Memperbanyak shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada hari Jum'at yang menjadi sayyidul ayyam menunjukkan kemuliaan pribadi beliau shallallahu 'alaihi wasallam sebagai sayyidul anam (pemimpin manusia).
Shalawat termasuk ibadah yang paling afdhal. Dan dilaksanakan pada hari Jum'at lebih utama daripada dilaksanakan pada hari selainnya, karena hari Jum'at memiliki keistimewaan di bandingkan hari yang lain. Dan melaksakan amal yang afdhal pada waktu yang afdhal adalah lebih utama dan lebih bagus. (lihat 'Aunul Ma'bud: 2/15)
Setiap kebaikan yang diperoleh seorang hamba dalam urusan diennya adalah berkat jasa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau telah berjuang dengan sungguh-sungguh untuk mendakwahkan dan menyebarkan Islam. Berkat kerja keras beliau dalam dakwah, kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian dan tantangannya, Islam bisa sampai kepada kita. Sebagai bentuk syukur dan terima kasih kita kepada beliau, Allah perintahkan bershalawat untuk beliau shallallahu 'alaihi wasallam.
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)
Oleh : Badrul Tamam
(Purnomo WD/voa-islam.com)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
































Memburu Do'a Musjatab di Hari Jum'at

Sebaik-baik hari bagi umat Islam adalah hari Jum'at. Hari sayyidul ayyaam (pemimpin hari) yang paling agung dan paling utama di sisi Allah Ta'ala. Banyak ibadah yang dikhususkan pada hari itu, misalnya membaca surat as Sajdah dan al Insan pagi shalat Subuh, membaca surat al Kahfi, shalat Jum'at berikut amalan-amalan yang mengirinya, dan beberapa amal ibadah lainnya. Di dalamnya juga terdapat satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Tidaklah seorang hamba yang beriman memunajatkan do'a kepada Rabbnya pada waktu itu, kecuali  Allah akan mengabulkannya selama tidak meminta yang haram. Karenanya seorang muslim selayaknya memperhatikan hari Jum'at.
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radliyallah 'anhu, dia bercerita: "Abu Qasim (Rasululah) shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ
"Sesungguhnya pada hari Jum'at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya." Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, yang kami pahami, untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat)." (Muttafaq 'Alaih)
Dalam memahami satu waktu yang mustajab (dikabulkannya doa) tersebut, para ulama berbeda pendapat, kapan waktu itu berlangsung? Ilmu tentang kepastiannya seperti ilmu tentang kepastian waktu Lailatul Qadar, telah diangkat ilmunya oleh Allah.
"Sesungguhnya pada hari Jum'at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya." al Hadits
Diriwayatkan, dari Sa'id bin Al Harits, dari Abu Salamah berkata, "aku menyampaikan kepada Abu Sa'id, 'sesungguhnya Abu Hurairah menyampaikan kepada kami perilah satu waktu yang ada di hari Jum'at.' Beliau berkata, 'Aku pernah menanyakannya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau menjawab, "Sungguh aku dulu diberitahu tentangnya kemudian aku dijadikan lupa sebagaimana dijadikan lupa terhadap Lailatul Qadar." ( HR. Imam Ahmad dalam Musnadnya dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).
Ibnul Hajar dalam Fath al Baari (II/416-421) menyebutkan ada 43 pendapat di antara para ulama mengenai suatu waktu yang terdapat pada hari Jum'at itu. Lalu beliau berkata, "tidak diragukan lagi bahwa pendapat yang paling rajih (kuat) adalah hadits Abu Musa dan hadits Abdullah bin Salam . . . , namun para ulama salaf masih berbeda pendapat manakah dari keduanya yang lebih rajih." Selanjutnya Ibnul Hajar menjelaskan, mayoritas ulama, seperti Imam Ahmad dan lainnya, mentarjih bahwa waktu tersebut terdapat pada akhir waktu dari hari Jum'at. Di akhir ucapannya, Ibnul Hajar cenderung kepada pendapat Ibnul Qayim, yaitu pengabulan doa itu diharapkan juga  pada saat shalat. Sehingga kedua waktu tersebut merupakan waktu ijabah (pengabulan) doa, meskipun saat yang khusus itu ada di ujung hari setelah shalat shalat 'Ashar.
Imam al Khaththabi rahimahullah, yang disebutkan dalam Fath al Baari, juga menyimpulkan waktu istijabah tersebut ada dua: Pertama, pada waktu shalat. Kedua, satu waktu di sore hari ketika matahari mulai merendah untuk tenggelam.
Berikut ini uraian lebih rinci terhadap kedua pendapat tersebut:
Pendapat pertama : waktu istijabah itu sejak duduknya imam di atas mimbar sampai dengan berakhirnya shalat. Hujjah dari pendapat ini adalah hadits Abu Burdah bin Abi Musa al-'Asy'ari, dia bercerita: "Abdullah bin Umar pernah berkata kepadaku: 'apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyampaikan hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengenai satu waktu yang terdapat pada hari Jum'at?' Aku (Abu Burdah) menjawab, "Ya, aku pernah mendengarnya berkata, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
هِيَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الْإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلَاةُ
"Saat itu berlangsung antara duduknya imam sampai selesainya shalat." (HR. Muslim)
Namun, waktu istijabah ini tidak penuh sejak duduknya imam di mimbar sampai selesainya shalat. Dia datangnya kadang-kadang berdasarkan lafadz hadits, "yuqalliluhaa" (sangat sebentar).
Imam ash Shan'ani rahimahullah dalam Subul as Salam, menyebutkan keberadaannya terkadang di awal, tengah, atau di akhir. Misalnya diawali sejak dimulainya khutbah dan habis ketika selesainya shalat. (Subul as Salam: II/101)
Pendapat kedua : waktu ijabah berada di akhir waktu setelah 'Ashar. Ibnul Qayyim al Jauziyah merajihkan pendapat ini. Beliau berkata, "yang ini merupakan pendapat yang paling rajih dari dua pendapat yang ada. Ia adalah pendapat Abdullah bin Salam, Abu Hurairah, Imam Ahmad, dan beberapa ulama selain mereka." (Zaad al Ma'ad: I/390)
Hadits yang menunjukkan kesimpulan ini cukup banyak. Di antaranya hadits Jabir bin Abdillah radliyallah 'anhu, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:
يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لَا يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلَّا آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ
"Hari Jum'at terdiri dari 12 waktu, di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim pada saat itu memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah saat tersebut pada akhir waktu setelah 'Ashar." (HR. an Nasai dan Abu Dawud. Disahihkan oleh Ibnul Hajar dalam al Fath dan dishahihkan juga oleh al Albani dalam Shahih an Nasai dan Shahih Abu Dawud).
Hadits Abdullah bin Salam, dia bercerita: "aku berkata, 'sesungguhnya kami mendapatkan di dalam Kitabullah bahwa pada hari Jum'at terdapat satu saat yang tidaklah seorang hamba mukmin bertepatan dengannya lalu berdoa memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan dipenuhi permintaannya.' Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengisyaratkan dengan tangannya bahwa itu hanya sebagian saat. Kemudian Abdullah bin Salam bertanya; 'kapan saat itu berlangsung?' beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, "saat itu berlangsung pada akhir waktu siang." Setelah itu  Abdullah bertanya lagi, 'bukankah saat itu bukan waktu shalat?' beliau menjawab,
بَلَى إِنَّ الْعَبْدَ الْمُؤْمِنَ إِذَا صَلَّى ثُمَّ جَلَسَ لَا يَحْبِسُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ فَهُوَ فِي الصَّلَاةِ
"Benar, sesungguhnya seorang hamba mukmin jika mengerjakan shalat kemudian duduk, tidak menahannya kecuali shalat, melainkan dia berada di dalam shalat." (HR. Ibnu Majah. Syaikh al Albani menilainya hasan shahih).
Juga berdasarkan hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
الْتَمِسُوا السَّاعَةَ الَّتِي تُرْجَى فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ بَعْدَ الْعَصْرِ إِلَى غَيْبُوبَةِ الشَّمْسِ
"Carilah saat yang sangat diharapkan pada hari Jum'at, yaitu setelah 'Ashar sampai tenggelamnya matahari." (HR. at Tirmidzi; dinilai Hasan oleh al Albani di dalam Shahih at Tirmidzi dan Shahihh at Targhib).
Al-Hafidz Ibnul Hajar rahimahullah berkata: "diriwayatkan Sa'id bin Mansur dengan sanad shahih kepada Abu Salamah bin Abdirrahman, ada beberapa orang dari sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkumpul lalu saling menyebut satu saat yang terdapat pada hari Jum'at. Kemudian mereka berpisah tanpa berbeda pendapat bahwa saat tersebut berlangsung pada akhir waktu dari hari Jum'at." (Fath al Baari :II/421 dan Zaad al Ma'ad oleh Ibnul Qayim I:391)
. . . Kemudian mereka berpisah tanpa berbeda pendapat bahwa saat tersebut berlangsung pada akhir waktu dari hari Jum'at. .
Ibnul Qayyim berkata, "diriwayatkan Sa'id bin Jubair dari Ibnu 'Abbas, dia berkata: 'saat (mustajab) yang disebutkan ada pada hari Jum'at itu terletak di antara shalat 'Ashar dan tenggelamnya matahari.' Sa'id bin Jubair jika sudah melaksanakan shalat 'Ashar dia tidak mengajak bicara seseorang pun hingga matahari terbenam. Demikian ini pendapat mayoritas ulama salaf, dan mayoritas hadits mengarah pada pendapat itu. Selanjutnya, pendapat lain menyatakan bahwa saat tersebut terdapat pada waktu shalat Jum'at. Adapun pendapat-pendapat lainnya tidak memiliki dalil." (Zaad al Ma'ad: I/394)
Ibnul Qayyim juga mengatakan, "menurut saya, saat shalat merupakan waktu yang diharapkan pengabulan doa. Keduanya merupakan waktu pengabulan meskipun satu saat yang khusus itu di akhir waktu setelah shalat 'Ashar. Itu merupakan saat tertentu dari hari Jum'at yang tidak akan mundur atau maju. Adapun saat ijabah pada waktu shalat, ia mengikuti waktu shalat itu sendiri sehingga bisa maju atau mundur. Karena ketika berkumpulnya kaum muslimin, shalat, ketundukan, dan munajat mereka kepada Allah memiliki pengaruh terhadap pengabulan (doa). Dengan demikian, saat pertemuan mereka merupakan saat yang diharap dikabulkannya doa. Dengan demikian itu, seluruh hadits berpadu antara yang satu dengan lainnya. . ." (Zaad al Ma'ad: I/394)
Lebih lanjut, Ibnul Qayyim berkata, "saat mustajab berlangsung pada akhir waktu setelah 'Ashar yang diagungkan oleh seluruh pemeluk agama. Menurut Ahl Kitab, ia merupakan saat pengabulan. Inilah salah satu yang ingin mereka ganti dan merubahnya. Sebagian orang dari mereka yang telah beriman mengakui hal tersebut." (Zaad al Ma'ad: I/396)
. . . Di dalamnya terdapat satu saat yang tidaklah seorang muslim berdoa memohon sesuatu bertepatan dengan saat tersebut melainkan Allah akan mengabulkannya, yaitu setelah shalat 'Ashar.
Pendapat ini juga yang dipilih oleh Syaikh Ibnu Bazz rahimahullah sebagaimana yang dinukil oleh DR. Sa'id bin Ali al Qahthan dalam Shalatul Mukmin. Syaikh Ibnu Bazz berkata, "hal itu menunjukkan bahwa sudah sepantasnya bagi orang muslim untuk memberikan perhatian terhadap hari Jum'at. Sebab, di dalamnya terdapat satu saat yang tidaklah seorang muslim berdoa memohon sesuatu bertepatan dengan saat tersebut melainkan Allah akan mengabulkannya, yaitu setelah shalat 'Ashar. Mungkin saat ini berlangsung setelah duduknya imam di atas mimbar. Oleh karena itu, jika seseorang datang dan duduk setelah 'Ashar menunggu shalat Maghrib seraya berdoa, doanya akan dikabulkan. Demikian halnya jika setelah naiknya imam ke atas mimbar, seseorang berdoa dalam sujud dan duduknya maka sudah pasti doanya akan dikabulkan." (DR. Sa'id bin Ali bin Wahf al Qahthani, Ensiklopedi Shalat menurut al Qur'an dan as Sunnah : II/349)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!





























Khasiat dan Manfaat vitamin bagi tubuh manusia

Setiap jenis vitamin memiliki manfaat vitamin yang spesifik. Manfaat vitamin antara satu dengan yang lain tidaklah sama. Ada vitamin yang berperan sebagai koenzim dan ada pula yang berperan sebagai biokatalisator. Vitamin sendiri berasal dari kata bahasa Inggris vital amine yang berarti suatu kelompok senyawa organik berupa molekul kecil yang mempunyai fungsi vital pada proses metabolisme tubuh organisme. Vitamin merupakan zat yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh organisme.
Khasiat dan Manfaat vitamin bagi tubuh manusia
Beberapa jenis dan manfaat vitamin antara lain adalah sebagai berikut:
Vitamin A. Manfaat vitamin A antara lain adalah: Mencegah dan menghindarkan kita dari gangguan mata. Mencegah penyakit kulit. Sebagai Anti oksidan dan pelindung dari penyakit kanker.  Menambah sistem kekebalan tubuh.
Vitamin B kompleks. Manfaat vitamin B kompleks antara lain adalah: Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia dan meningkatkan fungsi sel darah putih. Merawat dan menjaga kesehatan kulit, mata, otot, rambut, liver, saraf, hingga otak. Sebagai pembentuk sel darah merah.
Vitamin C. Manfaat vitamin C antara lain adalah: Sebagai Anti oksidan alami yang sangat baik. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Menjaga dan Membantu pertumbuhan serta memperbaiki jaringan yang rusak. Menghindarkan kita dari penyakit kanker. Membantu menyerap zat besi ke dalam tubuh.
Vitamin D. Manfaat vitamin D antara lain adalah: Sebagai pelindung otot. Membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Membantu perkembangan dan pertumbuhan gusi maupun gigi.
Vitamin E. Manfaat vitamin E antara lain adalah: Sebagai Antioksidan untuk menghindarkan kita dari penyakit kanker maupun serangan jantung. Membantu menjaga maupun meningkatkan fertilitas atau kesuburan. Mencegah radikal bebas yang menyerang sel tubuh. Membantu mempercepat proses pembekuan darah saat terjadi luka.
Vitamin K. Manfaat vitamin K antara lain adalah: Mempercepat proses pembekuan darah saat terjadi luka. Memperbaiki susunan pertumbuhan tulang.
Khasiat dan Manfaat vitamin bagi tubuh manusia - Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Manfaat vitamin sangat dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga seluruh proses dalam system metabolisme kita, yang terjadi di dalam tubuh dapat berjalan dengan baik da maksimal. Sebaliknya, jika tubuh kita kekurangan vitamin dapat menimbulkan gangguan metabolisme dan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita, kekurangan vitamin ini dikenal dengan sebutan avitaminosis.
Khasiat dan Manfaat vitamin bagi tubuh manusia - Khasiat dan manfaat vitamin tersebut tidak dapat diperoleh tanpa asupan makanan dengan kandungan vitamin yang cukup saja, perlu juga suplemen dalam bentuk kapsul atau tablet untuk mencegah terjadinya avitaminosis tadi.


 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!